Saturday, May 11, 2013

SKINCARE: ERHA CLINIC PART II

Halo semuanya! 

Post ini adalah kelanjutan dari skincare routine dan treatment yang aku lakukan di Erha Clinic, untuk lihat part 1 klik link ini http://vixenlady.blogspot.com/2013/05/skin-care-diary-erha-clinic.html

Setelah melakukan acne peeling, selama tiga hari aku nggak pakai makeup. Cuci muka pun aku hanya pakai air saja karena takut menimbulkan reaksi negatif ke kulit yang habis di peeling. Rasanya sangat ngga pede! dekil kelihatannya. 

Setelah satu hari peeling, aku melihat ada kulit yang mulai mengelupas di area dagu, namun digosok lembut pake washcloth dan air hangat juga rontok. Akhirnya setelah tiga hari no makeup and no skincare product, aku mulai pakai produk-produk Erha yang aku beli. 


Pagi:
Cuci muka dengan Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide (ACS BP) Rp 75.000,-
Oles rata Acne Moisturizer Gel 3 (AMG 3) Rp 50.000,-
Oles rata Acne Foundation (AF 5) Rp 75.000,-
Tambah Acne Face Powder Rp 65.000,-            

Malam:
Cuci muka dengan Acne Cleansing Scrub with Benzoil Peroxide (ACS BP) Rp 75.000,-
Oles rata Acne Moisturizer Gel 1 (AMG 1) Rp 75.000.-

Tambahan:
Oleskan di jerawat Acne Spot Treatment (AST) Rp 50.000,-     
Minum Doxy Plus 2 kali sehari sebanyak 1 tablet (habiskan) Rp 76.000,-

Setelah beberapa hari pakai, mulai terasa perbedaannya di kulit aku. Krim-krim tersebut berhasil mengeringkan jerawat-jerawat yang ada, kebanyakan tinggal bekas hitamnya saja. Namun satu jerawat gede mirip bisul yang 'mendem' di cheekbone kiri dan belum hilang, aku maklum saja, karena biasanya jerawat jenis ini bisa sampai 2-3 minggu bandel berdiam di muka aku. Dipencet nggak bisa, karena ngga keluar 'matanya', didiamkan pun selalu meninggalkan bekas di muka aku. Jadi serba salah. 

The good thing is kulit aku jauh terasa lebih lembut, biasanya terasa kasar karena banyak tiny bumps, komedo, dan jerawat-jerawat kecil, kali ini terasa jauh lebih halus. Minyak pun jauh berkurang, biasanya baru sejam bermakeup aku sudah harus blot pakai kertas minyak, namun kali ini terasa lebih kering dan nggak terlalu shiny.


The bad things are, mungkin ini karena aku pakainya krim kebanyakan hingga melt ke bibir, jadi rasanya pahit banget di mulut aku, sekarang aku oles secukupnya saja, jauh-jauh dari area mulut, takut keracunan. Selain itu, krim malam Acne Moisturizer Gel 1 (AMG 1)  memberi sensasi digigit-gigit semut setelah di oles, tapi setelah beberapa saat hilang rasanya.


Untuk yang pakai Acne Foundation (AF 5), hati-hati buka seal plastik yang ada di dalamnya setiap kali pemakaian, karena teksturnya yang cair dan lengket, aku pernah nggak sengaja menumpahkan waktu aku buka. Belepotan kemana-mana deh, sayang juga pruduknya jadi terbuang. 

Baik treatment pagi dan malam, sehabis dioles akan membuat muka kelihatan berminyak banget, namun setelah beberapa saat, semuanya akan meresap dan meninggalkan efek matte di kulit.


Nah, setelah semingguan aku melakukan semua itu, aku kembali lagi ke Erha Clinic BSD untuk melakukan facial. Kalau mau datang facial sebaiknya buat janji dulu beberapa hari sebelumnya karena terapis disana sangat terbatas, Lalu pada hari H, datang 15 menit lebih awal, karena takut akan di skip ke pasien selanjutnya kalau terlambat. 


Facial yang aku lakukan namanya DPCT with oil control serum. DPCT singkatan dari Deep Pore Cleansing Technique dimana pori-pori kulit dibersihkan dengan mendalam. Sebelum mulai tretment ini, terapisnya memberikan kemben dan hair cap untuk dipakai. Apabila tidak mau pakai juga nggak apa-apa.


Langkah-langkah DPCT adalah sebagai berikut:

1. Wajah dibersihkan dengan scrub kemudian dibilas dengan spons basah, setelah itu dibersihkan lagi, kali ini aku merasa clensernya lebih milky, setelah itu dibilas lagi.


2. Pori-pori di steam agar proses ekstraksi lebih gampang.


3. Proses ekstraksi. Ini facial professional aku yang pertama, jadi sakitnya bukan main! setiap senti kulitku habis dipencet oleh terapisnya, sampai keluar air mata dan bersin-bersin, setelah selesai mbaknya memperlihatkan komedo, jerawat, dan lemak yang berhasil dia angkat dari kulit aku...wow! speechless, selembar tissue sampai full kotoran semua! agak jijik jadinya :D



Gross Alert!!!
4. Alat yang ujungnya bulat-bulat digosok kewajah, rasanya hangat-hangat dan seperti disetrum ringan, nggak sakit tapinya.

5. Pengolesan oil contol serum.


6. 'Alat pijat' pipih yang dingin digosokkan ke wajah, enak rasanya, menenangkan kulit yang habis 'disiksa'.


7. Pengolesan masker. Masker dioles juga ke seluruh mata dan bibir aku, terapisnya bilang saat dimasker aku ngga boleh buka mata atau mulut. Maskernya nggak akan membuat perih atau termakan, just relax the face.


8. Pembersihan masker. Bagian mata dan bibir dibersihkan dahulu, setelah itu maskernya tinggal dikelupas. Kulit dibilas lagi dengan spons basah.


9 Pengolesan 
Acne Moisturizer Gel 3 (AMG 3). Terapisnya bilang, setelah satu jam baru boleh cuci muka.


10. Aku diberikan masker collagen untuk dipakai minggu depan. Teh hangat juga disediakan. 


Collagen Mask

Proses pijat tidak dilakukan dalam treatment kali ini karena masih ada jerawat aktif diwajah aku, takutnya apabila dipijat akan meradang dan menyebar kemana-mana. Aku disarankan untuk melakukan facial dua minggu sekali. Setelah jerawat-jerawat menghilang, facial dapat dilakukan sebulan sekali untuk maintenance.

Keseluruhan proses memakan biaya Rp 200.000,- saat melihat ke kaca aku kaget! mukaku merah-merah semua! mau nangis, kelihatan seperti korban kosmetik yang ngga cocok. Aku tahu ini pasti karena proses ekstraksinya, namun aku yakin beberapa hari kedepan juga akan hilang (Thanks God, its long weekend!). 


Sisi positifnya, mukaku terasa halus banget saat disentuh, bahkan ngga ada little bumps sedikitpun, ngga ada 'jabrik-jabrik' komedo yang terasa...wah ini pertama kalinya dalam hidup, kulit aku terasa seperti ini.


Jadi bagaimana jadinya kulit aku kedepannya? 
 
Akan selalu aku update perkembangan kulitku di blog ini. Semoga posting kali ini dapat bermanfaat untuk kalian semua. Terima kasih telah mampir :D

41 comments:

  1. Please update perkembangannya terus ya sistaa... Sya juga semntara pemakaian Juga, #pemula hehhe

    ReplyDelete
  2. sist boleh nanya ngk? kan sya pemakaian udah 1 mnggu lebih 4 hari,, wajahnya klu pake cream pagi sma malam, wajahnya jadi kayak keriput kalau mau senyum, sist juga gitu atau ngk ya?

    Trus klu aku selesai cuci, belum pakai cream,, wajahnya jadi kering , Sama juga ya sist?

    Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, aku nggak mengalami keriput seperti yang kamu deskripsikan. Namun terkadang setelah cuci muka muka agak kenceng dan kering, namun setelah beberapa saat dan minyak2 muka udah keluar, mukanya nggak kenceng lagi.

      Aku saranin konsultasi lagi sis sama dokternya, mungkin harus diganti obatnya.

      Delete
    2. Sama persis. Ne aku pake cream pagi n malem d kasih yg sama amg2 sm af3. Dpke 4x sehari. Pagi siang sore n malem. Baru 1minggu pake ini muka mendadak kering bangeetttt dan tertarik. Senyum itu betul susah minta ampun jd kyk nenek2 lah. Uda g tahan pgn cpt2 ga kering lg nih. Sis brp lama itu wajahnya jd lembut lg?

      Delete
  3. Maaf mba sist,saya mau nanya setelah difacial apakah lgsg pake cream yg dikasih dokter apa nunggu dulu selama 3hari?terima kasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi :D biasa nya aku tunggu 3 hari dulu baru mulai pakai krim-krim nya.

      Delete
  4. qlo buat suntik putih di erha ada yang tau budgetnya gak sist...^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, sorry I can't help you on this, kurang tahu juga sis, mungkin bisa telepon langsung ke Erha terdekat, nomor teleponnya bisa didapat di situs erha clinic

      Delete
  5. krim nya sama persis, tp kok muka ku jadi keriput abis sumpah , keriput banget kayak nenek2 apalagi klo ketawa keliatan jelas + klo di kantor ac dingin banget, makin jelas muka aku keliatan keringnya, help, terakhir konsultasi, dokternya emang bilang gitu, sengaja biar jerawat nya kering tp muka aku jadi keriput, malah dikasih krim yang sama untuk siang, gmn dong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, biasanya saat aku dikasih krim yang efeknya keras ke kulit (kering, ngelupas, merah) aku suka menerapkan tips-tips dibawah ini:

      1. Pakai plain, basic moisturizer tipis2 sebelum pakai krim Erha. Biasanya aku pakai Kiehl's Ultra Facial Cream.

      2. Terus pakai krim Erha nya juga tipis2 aja

      3. Selain itu beberapa hari dalam seminggu aku suka skip pemakaian krim-krim Erha.

      Dengan teknik tersebut kulit aku tetap bebas jerawat namun tanpa disertai dengan efek negatif di atas.

      Delete
    2. Mbak annisa lestari : aku jg ngalamin gitu mbak... dan masih sampe sekarang. Udah gateeeel banget pengen stop perawatan ktn efek itu tp sayaaaaang. Kalo dirimu mbak menyiasati keriput kulit krn erha gmn mbak.sharing donk

      Makasih

      Delete
    3. Numpang jwab y mba aq juga pake
      erha n muka aq pas pake gatelll bgt malah aq pikir g cocok..
      ternyata aq tanya ama tmn yg kerja di erha emg reaksinya bgtu dulu..
      klo kriput itu dy mau tahap pengelupasan aq pun bgtu..tapi ini dh pada ngelupas..
      diterusin aja

      Delete
    4. Memang 4 hari awalnya aku juga gitu sist, muka tegang senyum aja susah. Abis cuci muka kelihatan keriput. Tpi ini udah mau 2 minggu udah mulai reda. Kulit mati udah pada terkelupas, caranya pas cuci muka pake acsbp bilas, setelah itu gosok pelan pelan muka, ingat jgn berlebihan. Nanti pasti kulit mati nya ke angkat deh. Agak jijik juga sih, jdi kayak daki hehehe. Abis itu nuka jdi lembut banget.

      Delete
  6. Saya menggunakan erha tiba" kulit saya merah di bagian pipi and kening dan kulit saya berasa sangat kecang and ketarik, apakah itu alergi/apa ?jawab please penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear,

      kalau aku terkadang saat pakai obat erha kulit muka juga kencang dan tertarik. Kadang merah kalau terkena sinar matahari. Namun tidak sampai mengganggu. Kalau kamu merasa tidak nyaman (kemerahan dan kencang sangat mengganggu) aku sangat menyarankan agar kamu kembali ke dokter nya untuk konsultasi, bisa jadi obatnya terlalu strong buat kulit kamu.

      Delete
  7. Halo aku mau tanya dong, kalo acne peeling itu gaboleh pake bedak/makeup brp lama? Trs jd merah dan dekil gt ga? Soalnya aku mau ada acara dan bingung hrs peeling kapan. Oh iya, trs peelingnya sakit gak sih? Sakitan facial atau itu? Hehe makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, biasanya ngga bedakan selama kurang lebih 3 hari, aku ngga merasakan efek samping merah atau mengelupas. Sakitan facial sis, peeling nggak sakit kok :)

      Delete
  8. @Alyn : aku jg ngalamin gitu, mungkin karna krim malemnya ya... kadang kalo pake krim siang (lupa namanya krn kebanyakan produk) trus di dalem mobil seharian, kulit mukaku jadi mengelupas2 sedikit... trus aku siasatin aja, setiap pake krim siang aku ngga pake bedak.. baru setelah keluar dr mobil pake bedaknya...

    @Vixen lady : gmn perkembangannya wajahnya sis? Aku baru pake erha sebulan, muka makin cerah sih, tp noda bekas masih membandel...

    Makasih :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear,

      so far ngga terlalu drastis perubahan bekas-bekas jerawatnya, sekarang aku pakai erha untuk maintenance aja :) kadang diselingi krim-krim over the counter.

      Delete
    2. Efek ķulit ketarik karena pemakaian obat jerawat aja sis

      Delete
  9. Coba pakai merk acnecure, FB : acnecure uda byk yg sembuh jerawatnya

    ReplyDelete
  10. Kamu setelah facial, kulitnya terkelupas gitu ga?
    Kulit wajah ku kok ada yg terkelupas gt ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, aku ngga mengalami kulit terkelupas setelah facial. paling merah2, dekil, berminyak gitu. Tapi efek ke setiap orang bisa berbeda sih sis...klo ngelupas nya msh mild aku rasa wajar. Tapi klo sudah parah banget dikonsultasikan saja dengan dokternya sis. Takut terlalu keras treatment nya.

      Delete
  11. Kak. Aku baru 1minggu pke cream dr ERHA
    Tapi muka aku udah kelihatan memerah dan mengelupas di bwah hidung dan dagu.
    Itu aman nggak ya kak ?
    Aku jadi takut niiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, aku juga mengalami merah dan mengelupas yang ringan hingga moderate. Kalau kamu merasa ngga nyaman, konsultasikan lagi aja ke dokternya. Atau ikutin caraku: apabila sudah merah dan ngelupas, berhenti dulu pakai erha selama 2-5 hari dan pakai skincare biasa yang gentle. Setelah agak normal baru dilanjutkan erha nya :)

      Good luck dear :D

      Delete
  12. Sis bole tanya nggak, saya udah 4 hari pake produk erha tapi kulit muka bagian pipi keluhatan merah , gatal banget sama kelihatan membengkak. Sedikit. Apakah ini bisa jadi efek sampingnya? Soalnya aku takut, karna mukaku sangat sensitif

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, bisa jadi itu efek sampingnya. Dulu aku juga ngerasa perih dan merah. Kalau kondisi sudah nggak nyaman banget aku stop pemakaian erha selama 2-3 hari agar kulit baikan sedikit. Setelah itu baru lanjutkan lagi.

      Apabila cara diatas nggak berhasil untuk kamu, aku sarankan untuk konsultasi ke dokternya kembali. Good luck dear :)

      Delete
  13. Hi sis
    Aku trtarik sama erha..cm karna sibuk kuliah jd ga smpet keclinicnya....klo buat wajah beminyak, trs ada flek hitamnya gtu,kira2 klo beli krim dll budgetnya brp ya mba? Mksh :)

    ReplyDelete
  14. Seminggu pakai krim erha..mukaku jadi makin banyak jerawatnya...muka jadi keriput..gatal n merah..😢😢

    ReplyDelete
  15. Hi sis nice article..
    Aku baru aja berobat sama dr anthony (anaknya dr ronny handoko pendiri erha) ini hari ke3
    Obatnya dpt yg T5, amg3 sama af1 bikin muka agak berminyak.. pertama x konsultasi lgsg disuruh peeling dan penyinaran.. kondisinya jerawatku lg lmyn parah. Tp 1-2 hari setelah peeling dan pake obat2 dia, mukaku jerawatnya makin banyak.. mateng2 pula.
    Dagu ku malah makin parah jerawatnya dan merah hampir di smua dagu MERAH BANGETT kyk kebakar gt.. dan tumbuh jerawat jg disitu.
    Yg aku mau tau, itu muka ku yg ga cocok, atau memang erha pasti sperti itu ya prosesnya? Dan kalo lg jerawatan itu boleh peeling ga sih? Aku disuruh balik lagi utk peeling setiap seminggu skali.. tp takut nih sis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau aku dulu ngga sampai purging keluar banyak jerawat sis :O mungkin beda reaksi.

      Aku ngga bisa jawab dengan pasti apakah sis ngga cocok atau memang purging, coba dikomunikasikan ke dokternya. Saranku sih apabila 8-12 minggu belum ada perubahan coba berobat ke tempat lain.

      Good luck sis

      Delete
  16. Sis, aku juga pake erha dan lagi disaranin buat acne peeling nih. Kl dari review diatas yang aku baca, facial wajib gk sih setelah peeling? Terus kl facial kan merah2 gitu, kulit bisa normal kembali itu berapa lama ya sist? Boleh pake makeup gk setelah facialnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, sorry for late reply.
      Kalau kamu ngga mau facial, boleh kok peeling aja. Sepupuku kalau facial di erha jadi tambah parah jadi dia cuma peeling aja. Dikomunikasikan ke dokternya ya dear :)

      Delete
  17. Hiii...salam kenal.
    aq baru berobat di erha sma dr. Rony nya. Kondisi buka ku cma bekas jerawat dan sedikit flek hitam. Aq di ksih cream pagi/sore dan mlm. Cream pgi AMG5 sma AF2. Cream mlm Erha6 sma krim tidur gt.cuci muka jga di kasih ACL acne care Lab. ACSBP. aq udh 4 hri pake erha muka terasa merah dan perih klo pake creamnya. Baik pagi/sore dan mlm. tolong share donk pengalaman teman2. klo terjadi seperti yg aq alami itu efek obat kah..?

    ReplyDelete
  18. Hiii...salam kenal.
    aq baru berobat di erha sma dr. Rony nya. Kondisi buka ku cma bekas jerawat dan sedikit flek hitam. Aq di ksih cream pagi/sore dan mlm. Cream pgi AMG5 sma AF2. Cream mlm Erha6 sma krim tidur gt.cuci muka jga di kasih ACL acne care Lab. ACSBP. aq udh 4 hri pake erha muka terasa merah dan perih klo pake creamnya. Baik pagi/sore dan mlm. tolong share donk pengalaman teman2. klo terjadi seperti yg aq alami itu efek obat kah..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, dulu aku juga merah apabila kepanasan dan perih terutama waktu pakai AMG 1. Untuk mengatasinya aku akalin dengan selang-seling skincare. Hari ini Erha besoknya skincare biasa terus Erha lagi dst. Apabila kamu merasa nggak nyaman dengan kondisi kulit mu aku sarankan konsultasikan kembali dengan dokter nya karena dia yg lebih mengerti. I hope your skin get better dear :)

      Delete
  19. hi dear aku abis peeling lightening tadi ..
    terus ada bekas gosong bulet bulet kecil di pipi bagian atas kayak bekas kulit melepuh kenak panas.
    sampe sekarang masih terasa sedikit perih cekit cekit gitu. aku jd takut sama ga pede nih dear. itu kenapa ya dear, please reply thank you.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rizka, apology for late reply, I am so sorry to hear you condition. Aku kurang tahu alasannya kenapa karena aku belum pernah mengalami seperti yg kamu ceritakan. Mungkin kulit kamu bereaksi dngn peeling tsb? iritasi? aku sarankan segera dikonsultasikan dngn dokternya lagi, si dokter yg tahu bgmn baiknya untk mengatasi hal tersebut. Semoga nggak kenapa-kenapa yang dear, good luck with ur condition :)

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Hai sis, saya baru 5 hari pake krim Erha yg utk acne, jerawat saya jd kering semua (sampe ke muka juga ikutan kering) dan tiap abis pakai krim kulit berasa ketarik.
    btw, di tempat jerawat yg kering kulit jd tebel gt kyk kulit mati numpuk, tangan gatel banget pengen ngopekin :'(

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...