Thursday, September 12, 2013

SKINCARE: ERHA CLINIC & KLINIK ESTETIKA SEMARANG PART: VI

Part I   :  http://vixenlady.blogspot.com/2013/05/skin-care-diary-erha-clinic.html

Hingga saat ini aku masih menggunakan krim-krim muka dari Erha Clinic dengan aturan sebagai berikut:

Pagi
Acne Clensing Scrub with Benzoil Peroxide (ACS BP)
Acne Moisturizer Gel 1 (AMG1)  
Acne Sunscreen Gel (ASG)

Malam
Acne Clensing Scrub with Benzoil Peroxide (ACS BP)
Acne Night Cream 3 (ANC 3)

Untuk malam hari seharusnya aku pakai Acne Night Cream 4 (ANC 4), namun karena ANC 3 aku masih banyak, jadinya aku belum beli ANC 4 hingga sekarang. Krim ANC ini berguna untuk pengelupasan sehingga sel-sel kulit mati dan bekas-bekas jerawat ‘rontok’ semua. Diharapkan setelah itu lapisan kulit baru yang lebih kinclong muncul ke permukaan. ANC 4 konsentrasi ingredientsnya lebih tinggi daripada ANC 3.

Acne Sunscreen Gel (ASG) aku suka banget, nggak berminyak dan bikin muka kelihatan lebih mulus dan bening. Tapi aku merasa sejak memakai obat-obatan Erha kulitku lebih mudah merah-merah saat kepanasan maupun terkena sinar matahari.

Namun walaupun telah menggunakan krim-krim tersebut dengan rutin, aku tetap tidak melihat perubahan signifikan terhadap bekas-bekas jerawatku. Oleh karena itu aku memutuskan untuk pergi ke Klinik Estetika Semarang di daerah Serpong. Lokasinya tidak jauh dari Erha Clinic, namun gedung dan interiornya jangan dibandingkan dengan Erha. Tidak seperti Erha yang memiliki gedung besar dengan interior cantik plus sound system yang canggih, Klinik Estetika Semarang menempati area ruko yang berada tidak jauh dari situ.

Setelah mendaftar ke bagian administrasi, akupun menunggu. Tidak terlalu lama, namaku dipanggil oleh receptionist dan langsung diminta menemui dr. Ratih, langsung saja aku informasikan skin care journey aku, sudah perawatan di Erha kurang lebih 4 bulan, cocok dengan krim-krim Erha, jerawat-jerawat sudah hilang namun bekasnya belum, oleh karena itu aku minta treatment yang lebih canggih.

Aku mendengar bahwa perawatan Radio Frequency (RF) alias setrika wajah di Klinik Estetika bagus, maka aku meminta hal itu kepada dr. Ratih. Namun beliau lebih menyarankan untuk microdermabrasi. Cara kerja microdermabrasi adalah mengelupas lapisan kulit teratas dengan sebuah alat khusus yang menyemprotkan microcrystal aluminiun trioksida atau Al(OH)3.

Mengutip dari http://www.4uspa.com/mulus-sekejap-memanfaatkan-teknik-mikrodermabrasi/ kristal pada alat digosokkan pada kulit yang bermasalah dengan maksud untuk mengelupas sel kulit mati. Ketika bopeng terbentuk, pada lekukan kulit terdapat jaringan yang disebut jaringan fibrotik. Jaringan inilah yang akan dikelupas pada proses microdermabrasi. Jaringan tersebut terkelupas, diharapkan akan merangsang pertumbuhan sel kulit yang baru.

Selain mengikis lapisan sel kulit mati, mikrodermabrasi juga bermanfaat merangsang pertumbuhan epidermis dan dermis kulit, merangsang sirkulasi darah dan oksigen, serta merangsang pertumbuhan kolagen dalam kulit. Kulit jadi tampak segar dan awet muda, sehingga teknik ini dikenal juga sebagai peremaja kulit.

Saat proses dilakukan aku merasa alatnya “menggosok” sekaligus “menyedot” kulit aku, ngga sakit sih, namun tentu tidak senyaman creambath atau massage. Setelah penggunaan alat selesai, dr Ratih mengoleskan peeling ke kulit aku, rasanya perrrrriiiiihhh namun aku tahan-tahan.

Setelah dibersihkan dengan kompres dingin, wajahku dioleskan krim. Selesailah treatment microdermabrasi ini, keseluruhan proses memakan waktu sekitar 45 menit. Perlu diketahui bahwa microdermabrasi yang aku lakukan hasilnya nggak instan, butuh hingga 5 kali treatment untuk menghilangkan bekas-bekas jerawatku.

Berikut biaya yang aku keluarkan untuk perawatan ini:
Konsultasi dokter                        : Rp 150.000,- (diskon menjadi Rp 120.000,-)               
Microdermabrasi                                     : Rp 450.ooo,-
Krim setelah microdermabrasi        : free
Krim anti iritasi                                           : free
Pouch Klinik Estetika Semarang     : free


Saat aku datang, Klinik Estetika Semarang memiliki promo, apabila dalam 1 kunjungan kita mengeluarkan biaya lebih dari Rp 500.000,- maka saat di kasir kita dapat follow Twitter ataupun Facebook mereka dan mendapatkan 1 perawatan gratis.

Perawatan yang bisa dipilih antaralain totok wajah, intimacy treatment, atau waxing ketiak. Sayangnya perawatan hanya dapat dilakukan 1 minggu setelah kunjungan pertama. Karena aku sibuk banget di kantor maka gratisan ini terpaksa aku lewatkan.

Setelah microdermabrasi dr. Ratih menganjurkan aku untuk menghindari ‘gerah’, sinar matahari langsung, dan penggunaan krim-krim Erha 3 hari setelah microdermabrasi. Beliau juga memberikan aku krim treatment setelah microdermabrasi dan krim anti iritasi untuk digunakan setelah perawatan. Setelah lewat 3 hari barulah krim-krim Erha bisa digunakan kembali.

Beberapa hari setelah perawatan aku merasa kulit aku lembuuuut sekali, the smoothest I’ve ever been. Belum drastis perubahan terhadap bekas-bekas jerawat namun aku merasa pori-pori kulit jadi mengecil.

Aku senang dengan Klinik Estetika Semarang, walaupun treatment disana mereka nggak memaksa kita untuk membeli produk-produk skincare mereka apabila kita sudah merasa cocok dengan produk yang kita gunakan saat ini.

Sepertinya, setelah krim-krim Erha aku habis, aku mau beralih dulu ke perawatan harian Klinik Estetika Semarang. Bagaimana kelanjutan perawatan kulit aku? Tunggu di post berikutnya. 

39 comments:

  1. Wah ternyata kita sama, aku jg d erha BSD dan sama dr.Rima, baru seminggu sih cm berasa bgt bedanya. Ada plus minusnya jg, plus'nya kulit jd kenceng,bersih,dan jerawat kempes. Minusnya keliatan berminyak,narik jd kaya keriput gtu klo lg senyum terlebih d bagian jidat. Karena dr.Rima membedakan krim d jidat mungkin karena jidatku jerawatnya banyak skrg jd perih dan merah2 spertinya iritasi stiap abis cuci muka perih banget apalagi stiap pake krim pagi/malem itu wajib nongkrongin depan kipas setiap abis pake krim.
    menurut sista Apa aku harus balik ksana lagi ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, dulu waktu awal pakai krim Erha yg AMG1 kulit ku perih juga, tapi perih nya mild sih, masih ketahan, sekarang setelah kurang lebih 5 bulan intens pakai, aku sudah nggak pernah merasakan perih lagi.

      Aku sarankan sis balik lagi aja ke dr. Rima, untuk konsultasikan lebih lanjut. Tapi dulu aku coba-coba, aku selang-seling antara Erha dan produk lain, misalnya: hari senin pakai Erha, hari selasa ganti pakai sabun cuci muka Aesop yg mild dan moisturizer kiehls yg fragrance free, rabu kembali lagi pakai Erha ngga ada masalah sih. Namun kalau sis kurang yakin, aku sarankan ke dokter aja sis, biar aman.

      Good luck dengan perawatannya sis :D

      Delete
    2. Salam,

      Sebelum menentukan produk perawatan wajah ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu kandungan bahan-bahannya. Pastikan tidak mengandung bahan-bahan kimia seperti mercury atau hydroquinon yang memang dapat memutihkan kulit wajah dengan cepat namun efek sampingnya sangat buruk bagi kesehatan.

      Salam Cantik :)

      Delete
  2. hai sis... aku juga sdh lama perawatan di erha tp aku ngearsa masih kurang puas karna kulit wajah aku makin lama makin sensitif suka terkelupas, perih, dan berminyak bahkan kusam berkomedo jerawat msh sering timnbul.. banyak yg bilang muka ak buka putih tapi merah bisa dibilang perawatan ak disitu buat bagusin muka cuma berhasil 12% saja, selebihnya warna kulit wajah aku berubah merah kalau ga pake cream itu muka aku biasa aja!!! tadinya sblm ke erha warna kulit ku putih setelah perawatn dua tahun disini jadi merah sering mengelupas sm masih suka jerawat kecil"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, waaah mungkin ngga cocok sis. Kalau pengalamanku, saat kulit sudah mulai kering mengelupas, merah-merah, dan agak perih aku stop dulu pakai erha 3-7 hari agar kulit normal dulu.

      Takutnya kulit yg sudah iritasi dipakaikan obat-obat keras malah jadi tambah parah. So far teknik ini works untuk aku. Jerawat-jerawat hilang, minyak jauh berkurang, namun ngga merah dan iritasi.

      Kalau aku yg belum sukses itu hilangkan bekas-bekasnya :( susah banget

      Delete
  3. erha banyak gagal hanya unggul dari segi gedung dan interior tapi tidak bisa menangani scra proefesional klaren saya mengalami kegagalan dng dr.BE.RIMA W.SPKK hemmm...wajah sy terbakar dan membekas hitam krn dia salah menganalisa kulit saya hemm....jangan dan gak lg ke erha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Candy Man,

      so sad to hear it didn't work for you. Semoga kulit kamu sekarang sudah jauh lebih baik.

      Delete
  4. hi kaak kemarin aku habis perawatan juga gara" masalah jerawat aku, trus dikasih krim malem sama dokternya._. hari ini udah hari ke-4 setelah aku pake krimnya dan rasanya periiiih banget kak :( kira" emang prosesnya begitu atau krn mukaku yg ngga cocok ya kak? kalo kk sendiri prosesnya gmn? maaf ya kak banyak tanya hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dulu waktu awal-awal pakai erha (AMG1) kulitku juga perih, namun lama-lama terbiasa juga kulitku :)

      Kalau boleh saran, lanjutkan aja dulu seminggu kedepan, bila rasanya semakin parah ditambah efek merah, gosong, dsbnya, langsung saja ke dokter untuk konsultasi.

      Delete
  5. Masker spirulina&chitin membantu mencerahkan, membersihkan dan menutrisi wajah. Produk2 TIENS: peninggi, pelangsing, penggemuk dan perawatan wajah sertifikasi MUI&BPOM RI. Info chat my pin: 291215BB

    ReplyDelete
  6. kak aku mau nanya aku jg pake erha tp paginya amg3 laa bedanya amg1 ama 3 apa yaa....terus kalo di erha peeling pengelupasan kulit nya 1x doank apaa ntar sebulan peeling lagi ....thx

    ReplyDelete
  7. Haii sis thanks buat sarannya.. akhirnya ak sabar sis sampe 2 minggu hasil jerih payah penyiksaan berbuah glowing.. muka jd bersih putih bgt sampe2 beda sama warna leher.. hihii.. akhirnya ak konsul pas krim2nya udh habis dan d ganti amg 1 jadi amg 2 trs beberaoa menit d tambah asg.. klo buat malem anc khusus jidat evalen.. trs ada lg yg buat d leher cm ak jarang2 pake.. alhasil bnyak yg bilang muka ak skrg lebih bersih dari sbelum k erha. Ak udh setaun ga pernah ganti dokter masih sama dr. Rima wardhani so far ga ada masalah paling klo udah 2minggu ga pake krim malem trs tau2 d pake lg pst langsung perih, gatel tp cm bbrapa menit aja sis. Oya sis d erha BSD selain dr. Rima siapa yg recoment ya? Hihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis glad to hear your story :)
      selain dr. Rima waktu itu aku pernah sama dr. Prima. Namun saran aku, kalau sudah cocok dengan resep dr. Rima nggak usah pindah-pindah dr. lain. Terusin aja sama beliau :)

      Delete
  8. Haii sis aq bru pake erha 2 hari kulit ku agak perih, kenceng dan berminyak dan agak kusam... aq tidak jerwatan... cma pengn bersih aja ... aq konsultasi k dokter'n 5 bln k dpn aq mau menikah ..aq pngn punya kulit bersih tidak kusam , aq di kasih cc10 utk mlm dan erha 7 dan Amg 2 itu utk apa sis.... apa emng rekasi'n awalnya bgitu sis... thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, mohon maaf aku nggak tahu krim nya sis untuk apa, krna aku nggak pernah pakai CC10. Namun seri AMG (Acne Moisturizer Gel) itu adalah gel pelembab yg mengandung bahan aktif untuk mengatasi jerawat. Untuk lebih jelasnya, konsultasikan ulang dngn dokternya sis :)

      Delete
  9. Hi sis, kalo mau mengecilkan pori2 lbh baik ke erha atau estetika?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, kulit setiap orang berbeda dan tentu perawatannya cocok-cocokan :) namun setelah memiliki pengalaman cukup lama dengan erha dan estetika, aku secara pribadi lebih suka pakai erha :)

      Delete
  10. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  11. Pengalaman saya skin care yang bagus di semarang di Lexa skin Clinic, ditangani langsung oleh dr Lewie Suryaatmadja

    ReplyDelete
  12. Hai sis mau berbagi pengalaman lg ni.. sbulan yg lalu ak konsul lg k dr.Rima stelah 4 bulan ga ksana2 lg hanya copy resep dan skalinya ambil krim lgsg 2 atau bahkan 3 saking menghindari konsulnya yg lumayan mahal itu.. hehehehe.. 175rb kan lumayan bisa dapet 2 atau 3 krim. Ak konsul bkn hanya msalah wajah ak coba tanyakan kulit kaki dan tangan yg super kering sampai sering gatel2 akhirnya ak d kasih krim botol kecil BM10 30ml+HUA10 30g untuk malem dan paginya d kasih hydrating body balm yg bau2 mint kaya odol gtu.. hihi.. sabunnya d kasih oilum. alhasil stelah pemakaian itu selain kulit kaki dan tangan ga kering malah jd putihan lho.. apakah ada jg yg pernah coba untuk perawatan seluruh tubuh sperti ak.. soalnya ak lupa mau tanya krim buat ilangin bekas d gigit nyamuk siapa tau ada... hehehhe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaahhhh, thanks for sharing sis, jadi penasaran dengan perawatan tubuh nya Erha. Yang punya pengalaman hayo di share :D

      Delete
  13. Dibekasi adanya ellis estetika ini sama ga yaa say? Barusan ak abis dr sana dikasih na1, ir ama da1 plus milk cleancer, toner, facial foam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya sih berbeda sis, namun untuk lebih yakin nya, sis tanya saja dengan pihak ellis estetika, apakah merupakan cabang klinik estetika semarang atau bukan :)

      Delete
  14. Hai sis, aku ada pengalaman di erha juga dan kebetulan aku pake krim nya sampe skrg. Aku mau tanya skalian share. Awalnya aku konsul ke dr Indra di erha cabang denpasar karena aku tinggal di denpasar. Aku cocok make krim erha skitar 5 bulanan. Jerawat ku yg awalnya gede2 dan merah skrg udah nggak ada lagi cuma masih menyisakan noda nya sedikit sama komedo. Terakhir aku di kasi krim pagi toner Amg 3+ AF 3 malem erha 5+ANC 4 kulitku cocok banget. Nah ketika wktunya untuk konsul, aku ditangani dr Ariyani karena dr indra nya tdk praktik. Aku di kasih krim yg beda. Waktu itu aku gak begtu perhatiin omongan dr nya tp sedikit yg aku ingat dr nya nanyain apakah siklus menstruasi aku teratur apa nggak ?karena jerawatku yg kecil2 rada2 bandel masih muncul walau cuma sedikit. Kalo dari jauh sih nggak keliahatan tp kalo dilihat pake lampu penerangan itu jelas banget keliatan dr nya nyaranin aku minum pil kb dan dia meresepkan obat itu untuk melancarkan siklus menstruasi ku. Aku rada ragu takut minum pil begituan seara aku kan belum menikah ditambah bnyak org bilang kalo minum pil itu nanti badan jadi melar. Disamping itu , aku diresepkan obat yg beda yaitu krim pagi Amg2 + asg malam ANC 4+AST. Aku udah gak di kasi pake erha 5 lagi sama dr nya padahal erha 5 bisa buat wajahku rada2 cerah gtu. Eh bener besok pagi nya muka ku agak kusam setelah bngun tdur. Apa karena pemberian ANC 4 aja tanpa campur yg lain ya??? Tolong info nya ya kalau ada yg tau dan info ttg pil kb yg di sarankan dr nya untuk aku. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sis, thanks for sharing pengalamannya. ANC 4 (dan ANC nomor lain) setahu aku untuk pengelupasan, jadi apabila kulit terlihat kusam dan mengelupas aku rasa itu memang efek sampingnya.

      Aku kurang tahu apakah pil KB bisa bikin jerawat-jerawat hilang, saranku konsultasikan dengan dokter lainnya, asking for second opinion. Tapi kalau memang sis nggak mau minum pil KB, tolak saja, toh masih banyak cara lain untuk mencapai kulit flawless :)

      Good luck sis :)

      Delete
  15. Iya sis menurutku jangan minum pil kb ca untuk ngilangin jerawat karena ak kan jg perawat dan ada lho pasien yg gara2 minum pil kb sbelum menikah dia malah gak bisa punya anak nantinya. Hii serem kan malah bisa jadi kanker karena menekan hormon yg masih aktif dan jangan coba2 namanya suntik hormon ya itu bahaya banget banyak pasien yg terkena kanker payudara gara2 suntik hormon.
    Oya mengenai krim erha ak cocok banget perawatan kulitnya malah ak iseng2 nambahain lotion yg kata orang2 bagus namanya noroid lotion.. ada yg pernah denger atau mencobanya?

    ReplyDelete
  16. Kak aku mau tanya,kan tadi aku nyoba perawatan di erha.nah yang untuk cream malam aku dikasih amg 3 sama af 4.itu pemakaiannya amg 3 dulu ntar beberapa saat pakai af4 bkn ya ? Makasih

    ReplyDelete
  17. Kak mau minta info nih..
    Ada pengalaman,jd pacar aku dulunya pernah pake erha buat ngilangin jerawat yg bejibun,hasilnya emg kulitnya jd mulus tp aga kering gt..
    Tp yang jd problem itu kl aku cium dia jdnya pait smua,so aku mau nanya emg smua cream ny ky bgtu ya? Atau itu emg buat cream2 tertentu aja?

    ReplyDelete
  18. Kak mau minta info nih..
    Ada pengalaman,jd pacar aku dulunya pernah pake erha buat ngilangin jerawat yg bejibun,hasilnya emg kulitnya jd mulus tp aga kering gt..
    Tp yang jd problem itu kl aku cium dia jdnya pait smua,so aku mau nanya emg smua cream ny ky bgtu ya? Atau itu emg buat cream2 tertentu aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. It does taste very bitter :)
      Kalau keringetan dan krim nya melted ke area mulutku memang rasanya pahit sis :(

      Delete
  19. kak aku udh 3 bulan make natasha kalo pindah ke erha ada efeknya gak ya? natasha ni bikin kecanduan nih takut kalodipake jangka waktu yang lama mohon longsuggestion ya

    ReplyDelete
  20. nice post :)


    http://howto-skin-care.blogspot.com/

    ReplyDelete
  21. hai sis aku baru seminggu ini pake erha, klo pertama pake krim emang kulit nya merah dan sedikit perih ya? klo boleh tau brp lama ya kusam nya?

    ReplyDelete
  22. Hai sis..aku juga pake erha.. tapi alhamdulillah kulit ku jdi Bagus dan bersih awal dtng kulit kusam malah ada jerawat nya..setelah 6bln perawatan di erha kulit jdi bersih glowing2 gtu,,tdi nya merah karna pake amg2 untuk pagi.trs aq blg sma dokter nya qlo amg2 gak cocok wajah jdi merah.. akhirnya aku di ganti amg3 yang lebih ringan lgi katanya.. aku coba akhirnya bener gk merah jdi klo kena panas gak terlalu merah di wajah..ooh iya aku erha nya di daerah pondok gede jatiwaringin...

    ReplyDelete
  23. Tepatnya tgl 28 september 2016

    Selamat mlm semua
    Aku mw berbagi cerita nih sedikit,
    Jd hari ini first time aku perawatan muka di estetika dr affandi yg di kelapa gading,sebenarnya tnpa kita ksana kita bisa konsul via online di web nya,bisa crtain keluhan” kita dan share foto” terbaru kita tanpa efek,mw share video pun bisa,tp aku penasaran bgd kan mw ktmulah pkknya sama dokternya.
    Pas bgd abis jam istirahat siang aku tiba disana ga trllu antri ya,ktmu deh sama dokter agni..orgnya baik dan bicaranya lembut sekali .. *beda dgn saya pas ktmu sama dokternya bnykan aku nya yg casciscus segala”nya aku tnya sampe detail..
    Dan akhirnya aku di facial donk muka sbnrnya aku paling mls bgd sama yg namanya facial dan ga minat tp dokter blg itu yg sisa” jerawat kecil ada yg hrs di kluarkan,
    Ok fine aku ikutin sarannya..
    Bla bla bla aku bnyk bgd nnya” k dokternya
    Stlh itu dokter periksa muka dan pegang” gt..ga lama aku disuruh msk k ruang perawatan…
    Taaaaraaaa Dan di facial sama mba” siapa gt ga tw namanya..
    Seperti biasa aku tuh bawel bgd nnya ini itu panjang lebar,
    Mbanya blg aku ga ada komedo cuma ada serpihan” jerawat dikit yg harus di kluarin..untuk muka jenis aku gampang di obatinnya *katanya gt
    Ga lama” jg di facial trs aku tggu resep dokter kmudian tebus deh di kliniknya…
    Semua serep dokter agni ksh buat 1 bulan,resep” yg diksh ada 5 item tanpa toner dan tanpa sabun cuci muka,,coz untuk toner dan sabun muka ga hrs dr sana,kl kita udh cocok sama yg kita pake so lanjutkan aja trs.
    Dan sekarang blm 1 bulan yg aku rasain muka ada perubahan,sel kulit mati rontok tp ga yg ngelupas" mengerikan itu,
    Muka jd glowing sukaaaa deh

    ReplyDelete
  24. Hey guys aku mau bagi cerita aku nih aku udh sebulan pake erha muka aku jadi bersih yg awalnya aku pake krim salon dan muka aku bener bener maten bgt aku coba pake erha muka aku kiclong bgt , terus skrg aku coba untuk perawatan badan aku dikasih bm 10 sama HUA 10 karna aku pengen jadi putih , kirakira bagus ga ya pake itu apa bisa bikin putih? Share dong buat yg udah pake;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...