Friday, February 7, 2014

Review: Sulwhasoo Charity Kit


Sudah lama aku ingin coba produk Sulwhasoo, skincare high end asal Korea yang satu ini kelihatannya populer banget disana. Namun karena harganya cukup mahal, bisa mencapai almost 10 million rupiah satu set, aku selalu mengurungkan niat untuk beli. Eh, tak disangka saat mampir ke counter Sulwhasoo di Plaza Senayan, mereka punya Charity Kit yang terdiri dari 6 macam produk ukuran trial dan 1 oriental-themed pouch dengan harga yang terjangkau. Karena harganya oke, maka aku langsung beli 2 kits. 


Kenapa disebut Charity Kit, karena Sulwhasoo mendonasikan penjualan dari limited edition set ini untuk Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) dalam membantu pemberdayaan dan pendidikan anak-anak muda prasejahtera di Indonesia. Asyik khan? Belanja sambil beramal. 



Nah, langsung saja kita ke check produknya, Sulwhasoo memiliki bermacan-macam seri skincare untuk permasalahan kulit yang berbeda, yang aku beli adalah dari Essential line. Essensial line ini merupakan signature product dari Sulwhasoo yang berfungsi untuk mengembalikan kesehatan dan kecantikan alami kulit kering. 


Jenis kulitku berminyak, muncul jerawat kalau lagi mau menstruasi, namun untungnya pemakaian makeup yang berganti-ganti jarang bikin aku jerawatan. Awalnya aku ragu mau coba produk ini, namun banyak review dari cewek-cewek yang kulitnya berminyak malah suka banget pakai produk Sulwhasoo, ngga membuat mereka jerawatan, dan memberi tampilan pori-pori yang lebih halus. I had a high hope on these products. 


Urutan pemakaian kit ini adalah sebagai berikut:       
  • Gentle Cleansing Foam 
  • First Care Activating Serum
  • Essential Balancing Water 
  • Essential Balancing Emulsion 
  • Concentrated Ginseng Renewing Cream 
  • Overnight Vitalizing Mask

Banyak ya? Tapi cewek Korea memang terkenal suka pakai skincare berlapir-lapis agar manfaatnya lebih maksimal. Nah, Beauty Advisor di Counter Sulwhasoo menyarankan agar apabila sudah memakai Concentrated Ginseng Renewing Cream maka tidak perlu lagi memakai Overnight Vitalizing Mask dan begitu juga sebaliknya, bila sudah pakai Mask ngga perlu lagi pakai Cream. Namun untuk kulit yang super kering, pemakaian kedua produk tesebut aku rasa nggak masalah. 

L-R: Step 1 - Step 6
Malam pertama aku coba pakai semua (termasuk mask), o la la! Pagi-pagi muncul beberapa jerawat di dahi aku, aku pikir ini mungkin efek stress dan kurang tidur, namun 2-3 malam berikutnya aku coba lagi (tanpa pakai mask), jerawat dan komedo aku malah tambah banyak, mungkinkah pemakaian keseluruhan produk ini too much buat kulitku yang berminyak? Ataukan ada 1 atau 2 produk di dalam set ini yang trigger munculnya jerawat aku?

Untuk membuktikan, aku memutuskan untuk melakukan eksperimen, masing-masing produk di set ini aku coba selama 3 hari tanpa tambahan krim-krim lain dan inilah hasilnya:

 Gentle Cleansing Foam
Tidak menyebabkan jerawat di wajahku, teksturnya liquid, cocok untuk kulit kering karena termasuk moisturizing, untuk kulit berminyak mungkin rasanya ‘agak kurang bersih’ karena minyak-minyak nggak terangkat seluruhnya. Baunya herbal banget, mungkin dari ekstrak ginseng. Sulwhasoo terkenal dengan penggunaan ginseng Korea di dalam produk-produknya.
Update Mei 2014:  saat kulit aku mengelupas karena pakai krim-krim Erha, aku beralih dulu ke cleansing foam ini, hasilnya kulit terasa lembut dan berkurang rasa perihnya.

First Care Activating Serum
Serum ini juga ngga menyebabkan jerawat, teksturnya ringan dan cair. Tidak menambah produksi minyak di wajah. Namun aku tidak melihat perubahan signifikan setelah kurang lebih 2 minggu pakai ini. 
Update Mei 2014: saat kulit aku agak merah, panas, & iritasi serum ini works wonder lho untuk menenangkan kondisinya, apalagi setelah serumnya didinginkan, enak banget di kulit. Akan kupakai terus dan let's see bagaimana perkembangannya. 

Essential Balancing Water
Inilah produk yang bikin aku jerawatan, sejenis toner dengan tekstur gel cair. Malamnya pakai ini, besoknya muncul beberapa jerawat kecil merah di dahi, pipi, dan dagu. Muncul juga whiteheads di area hidung. Aku paksa lagi malam berikutnya namun jerawat semakin meradang. This is the culprit!

Essential Balancing Emulsion
Lotion ringan ini juga bikin aku jerawatan walaupun tidak separah Essential Balancing Water. Padahal teksturnya ringan dan gampang meresap. 

Concentrated Ginseng Renewing Cream
Cream ini lebih kental dan lebih melembabkan apabila dibandingkan dengan Emulsion, tidak bikin aku jerawatan namun wajahku berminyak banget pakai ini.

Update April 2014: I know why it makes my skin super oily! karena saat pakai aku mau datang bulan! Memang kalau mau datang bulan kulit wajahku memproduksi minyak berlebih. Namun saat kondisi normal, krim ini ngga menyebabkan kulit berminyak. Lembut dan lembab. Aku suka pakai di area pipi yang terkadang suka kering dan leher untuk mencegah penuaan. 

Overnight Vitalizing Mask
Sebelum tidur, masker ini dioles di kulit tipis-tipis, praktis karena ngga harus langsung dibilas. Pagi harinya direkomendasikan untuk bilas dengan air hangat dan washcloth aja, ngga usah pakai sabun. Tapi karena kulit aku jadi super berminyak, aku langsung scrub sampe bersih, untungnya ngga bikin aku jerawatan.

Update April 2014: Again, saat aku ngga hendak datang bulan, masker ini nggak menyebabkan minyak berlebih di wajah. Aku suka pakai di bagian pipi dan leher. Saat bilas dipagi hari kulit terasa kenyal like baby's skin!


So that’s all my experience with Sulwhasoo, too bad this line is not fully working for me, some products I like, some I don't like. Padahal membaca review dari blogger-blogger lain, aku yakin sekali kalau Sulwhasoo akan cocok juga di aku. 


Namanya skincare tentu cocok-cocokan ya, saran aku buat kalian yang mau coba Sulwhasoo, beli dulu trial size nya, kalau cocok baru upgrade ke full size product, aku harap kalian mendapatkan great experience with Sulwhasoo. As for me, my journey to find the right skincare still continue. 


Harga: Rp 300.000/set aku beli di Counter Sulwhasoo, Plaza Senayan.

3 comments:

  1. Sist, boleh tau gak harga total 6 item itu? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi dear, waktu itu 300ribu, but I'm not sure apakah mereka masih punya kit ini :)

      Delete
    2. Oh oke sist. Makasih infonya. :D
      Saya sudah beli kok, tapi yg Snowise EX. Juga dapat kit trial yg Essential. :D

      Delete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...